Ngarep.Info

Peluang Bisnis Usaha , Modal dan Cara Memulainya

Menu

Analisa Usaha Budidaya Belut di Kolam Dengan Modal Bisnis Kecil

October 23, 2016 | Bisnis Pertanian & Peternakan

Belut adalah salah satu jenis hewan melata yang sering kita jumpai di sawah atau di sekitar sungai yang berlumpur. Beberapa orang memandang belut sebagai hewan yang menjijikan. Namun sebagian orang lainnya sadar bahwa belut juga merupakan sumber gizi yang baik untuk kita konsumsi. Belakangan ini belut mulai populer di kalangan masyarakat. Mulai banyak bermunculan menu-menu belut tersemat di buku menu rumah makan.

Melihat kondisi yang seperti ini bisa kita manfaatkan untuk berbisnis pembudidayaan belut. Peluang ini masih terbuka lebar mengingat pemasok belut untuk rumah-rumah makan masih berbatas pada tengkapan para pencari belut. Nah, pada kesempatan ini kami akan memberikan sedikit gambaran mengenai usaha bisnis yang mungkin bisa anda coba.

Konsumen Bisnis Budidaya Belut

Anda tidak perlu pusing memikirkan siapa yang akan menjadi konsumen anda dalam bisnis pembudidayaan belut ini. Karena animo masyarakat terhadap olahan belut begitu besar, berbanding terbalik dengan belum banyaknya belut yang dijual di pasaran. Anda bisa memasok belut segar untuk rumah makan dan anda juga bisa memasarkan belut yang sudah diolah.

Analisa Usaha Budidaya Belut di Kolam Dengan Modal Bisnis Kecil Mejanjikan Untung Besar Untuk Karyawan dan Ibu Rumah Tangga

Belut memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kita. Misalnya dapat meningkatkan kecerdasan karena kandungan asam amino yang tinggi pada belut. Kandungan protein pada belut juga dapat mendukung tumbuh kembang sang buah hati.

Memulai Bisnis Budidaya Belut

Untuk memulai bisnis pembesaran belut anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya karena anda hanya perlu membuat kolam terpal. Kolam terpal dipilih karena bisa menekan modal namun hasilnya sama dengan budidaya menggunakan kolam permanen. Langkah-langkah memulai pembudidayaan belut seperti berikut ini.

1. Pilih area yang memiliki persediaan air cukup.
2. Buatlah 4 buah kolam terpal dengan ukuran 4x5x1 meter, anda juga bisa menyesuaikan ukuran dan jumlah kolam yang akan dibuat dengan lahan yang anda miliki.
3. Buat media tempat tinggal belut di dalam kolam yang terdiri dari tanah sawah, jerami yang telah dicincang, tanah sawah, batang pisang yang telah dicincang dan biostarter. Media itu dibuat rata dengan ketinggian 80 cm.
4. Masukkan air bersih ke dalam kolam hingga air mencapai 10 cm di atas permukaan media. Biarkan media tersebut terfermentasi selama 1-2 bulan.
5. Siapkan alat-alat meliputi tes kit kualitas air, termometer, dan pH meter.
6. Tebarkan benih belut dengan kepadatan 1,5 kg pada setiap meter kubik.

Keuntungan Usaha Budidaya Peternakan Belut

Keuntungan yang didapat dari pembudidayaan belut bermedia kolam terpal adalah modal yang diperlukan lebih sedikit dan hasil yang didapat tetap maksimal. Selain keuntungan tersebut, masih ada lagi beberapa keuntungan yang didapat yaitu :
1. Belut yang dibudidaya memiliki kepadatan yang tinggi
2. Orang akan lebih menyukai belut karena dagingnya gurih dan juga nikmat untuk disantap
3. Kolam yang dibuat mirip dengan habitat asli belut, sehingga belut akan tumbuh dan berkembang dengan lebih baik

Hambatan Resiko Bisnis Budidaya Belut

Setiap hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pembudidayaan belut menggunakan media kolam terpal juga menuai berbagai hambatan. Hambatan yang mungkin terjadi adalah :
1. Kolam berbahan terpal rawan bocor dan tidak tahan lama
2. Persediaan bibit belut masih terbatas karena mengandalkan alam
3. Media yang digunakan untuk budidaya belut masih sulit untuk dibuat dan dikembangkan
4. Belut dikembangkan pada media berlumpur sehingga perkembangannya sulit dipantau

Strategi Pemasaran Budidaya Belut

Dalam berbisnis, anda harus memiliki strategi yang baik supaya produk anda dapat dipasarkan dengan baik. Sebaiknya anda melakukan promosi karena belut masih belum begitu terkenal di kalangan masyarakat. Promosikan kelebihan dan seluruh keunggulan yang dimiliki oleh belut hasil budidaya anda. Media yang bisa anda gunakan untuk melakukan promosi diataranya brosur, pamflet, memasang iklan di koran, dan promosi di media sosial.

Kunci Sukses Budidaya Belut

1. Anda harus benar-benar matang dalam menyiapkan media pertumbuhan belut. Karena kesalahan sedikit saja pada pembuatan media bisa menyebabkan kematian belut.
2. 30 menit sebelum anda menebar benih ke dalam kolam, terlebih dahulu siram dengan larutan gula secukupnya.
3. Berikan makan kepada belut satu kali dalam sehari. Pakan yang cocok untuk belut adalah 2-3% dari berat seluruh belut yang anda masukkan ke dalam kolam. Berikan belut pakan alami seperti belatung, daging ayam cincang, dan keong atau bekicot cincang.
4. Untuk menjaga agar belut tetap hidup, selalu berikan pakan secara rutin.
5. Belut dapat dipanen setelah dipelihara dalam kolam selama 4-5 bulan.
6. Anda bisa mencontoh pembudidaya belut yang telah berhasil, ini juga bisa menjadi perbandingan dengan budidaya yang anda lakukan.

Peluang Usaha Selain : Analisa Usaha Budidaya Belut di Kolam Dengan Modal Bisnis Kecil

analisa ternak belut , sarat membuat kartu kredit mandiri , bisnis dengan modal sedikit dengan keuntungan yg melimpah , solusi cara mendapatkan modal tanpa hutang bank , ratusan jenis peluang usaha di kampung , ke untungan yang didapat pada budi daya belut , cara mendapatkan pijaman modal untuk berkebun pisang , Cara berternak lele dan harga bibit lele , biaya budidaya br , baru memulai usaha menanam pisang pusing cari modal