Ngarep.Info

Peluang Bisnis Usaha , Modal dan Cara Memulainya

Menu

Analisa Usaha Bisnis Budidaya Udang Windu Di Kolam Tambak Modal Kecil

October 26, 2016 | Bisnis Pertanian & Peternakan

Udang windu merupakan salah satu komoditas unggulan di Indonesia dan menjadi komoditas ekspor, yang disukai banyak orang. Hal ini dikarenakan ukurannya yang besar dengan citarasa yang lebih manis dari udang lainnya. Hingga sekarang ini udang windu masih menjadi dambaan bagi para pelaku usaha tambak karena permintaan pasar untuk jenis udang windu masih cukup tinggi. Oleh sebab itu, banyak petani tambak yang tidak jera untuk membididayakan udang tambak meskipun usaha budidaya udang windu ini sering naik turun dan tidak stabil. Bisa dikatakan bila Anda tahu cara ternak udang windu dan juga teknik budidaya udang ini, maka anda bisa menggunakannya untuk kepentingan bisnis.

Rasa udang windu yang manis dan juga berukuran cukup besar membuat komoditas ini banyak disukai oleh pasar internasional. Kisaran harga untuk udang windu itu sendiri juga sangat tinggi yaitu bisa mencapai Rp 150 ribu setiap kilogramnya dengan isi sekitar 10-15 ekor udang windu. Seiring dengan pola konsumsi masyarakat di seluruh dunia yang lebih menyukai makanan organik, maka hasil budidaya pembesaran udang windu di tambak memiliki peluang usaha yang besar dan bisa diterima oleh pasar.

Analisa Usaha Bisnis Budidaya Udang Windu Di Kolam Tambak Modal Kecil Menjanjikan Untung Besar

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk budidaya udang windu :

1. Konsumen UDANG WINDU

Analisa Usaha Bisnis Budidaya Udang Windu Di Kolam Tambak Modal Kecil Menjanjikan Untung Besar

Udang merupakan salah satu jenis bahan makanan hewani yang mengandung protein sangat tinggi dan bagus untuk dikonsumsi, juga memiliki mineral dan vitamin yang tinggi yang baik bagi tubuh. Selain itu, rasa udang windu yang gurih, enak, nikmat dan manis membuat banyak orang menyukai jenis seafood yang satu ini baik konsumen lokal (domestic) maupun luar negri. Meskipun demikian, harga untuk udang windu sendiri cukuplah tinggi sehingga lebih banyak dikonsumsi oleh kalangan masyarakat menengah ke atas, hal ini tentu menjadi peluang yang bagus bagi anda, karena usaha udang windu memiliki jangkauan konsumen berkelas.

2. Memulai Bisnis Bisnis Budidaya Udang Windu Di Tambak

Untuk memulai budidaya udang windu Anda harus menyiapkan 3 macam tambak, yaitu tambak untuk pendederan, glondongan dan pembesaran. Setiap tambak harus mempunyai pintu air sendiri, ceran dan selokan untuk proses pengaliran air dan panen. Pematang juga harus dibuat disekeliling tambak dengan tinggi 50 cm diatas permukaan air pasang dengan lebar 2 m dan juga pematang pemisah tiap tambak.

Persiapan tambak untuk udang windu bertujuan demi meningkatkan kualitas lingkungan dan produktivitas lahan. Caranya dengan mengeliminasi faktor-faktor yang tidak mendukung kelangsungan hidup udang dan mengoptimalkan beberapa faktor yang bisa mendukung pertumbuhan udang windu.

• Pemilihan Lokas
Lokasi yang tepat untuk budidaya udang windu agar proses pemeliharan lebih mudah adalah di daerah sepanjang pantai dengan suhu berkisar 26–28 derajat Celcius. Lokasi harus juga memilik sumber air yang cukup dan mengalir. Kadar garam 10-25 ppm dan tingkat pH sebesar 7–8,5. Lokasi juga harus bebas banjir.

• Pembenihan
Proses pembenihan diawali dari pemilihan benih yang baik, yaitu yang usia dan ukurannya sama, aktif bergerak, tidak bewarna pucat dan badan tidak cacat. Pembenihan dapat dilakukan di kolam pendederan dengan cara benih diaklimatisasi dahulu dalam bak plastik yang ditaruh ditempat teduh agar melindungi bibit udang windu dari sinar matahari. Secara perlahan, air dibak dikeluarkan dan diganti dengan air dari kolam pendederan sampai terganti semuanya. Lalu, secara perlahan benih bisa disebar ke kolam pendederan untuk proses pertama tahap pembibitan.

• Pembesaran
Proses Pembesaran dilakukan dengan cara pemupukan dengan pupuk kandang atau kompos untuk merangsang pertumbuhan kelekap, lumut, plankton dan bentos. Pemupukan dilakukan pada saat tambak pembesaran kering. Tambak ditaburi dengan pupuk dan dialiri air setinggi 5–10 cm dan dibiarkan menguap. Proses ini diulang dua kali dan bisa juga ditambah dengan pupuk urea dengan takaran 75 kg/hektar. Setelah 5 hari akan tumbuh kelekap dan lumut yang menjadi sumber pakan udang.

• Pemberian pakan
Untuk proses pembesaran udang bisa juga menggunakan pelet, yang terbuat dari tepung kepala udang 20%, dedak halus 40%, tepung bungkil kelapa 20%, tepung kanji 19% dan Pfizer premix A 1%. Semua bahan dicampur dan dibentuk bulat lonjong yang kemudian digiling dengan mesin penggiling daging. Setelah itu dijemur sampai kering dan diremas atau dihancurkan sampai berbentuk butiran sebesar 1–2 cm.

• Pengendalian Hama dan Penyakit
Hama dan penyakit yang menjadi masalah pada cara budidaya udang windu adalah lumut berlebihan dan hewan pengganggu seperti ketam, udang tanah dan tiram. Semua jenis hama ini dapat diatasi dengan cara memelihara bandeng ditambak pembesaran udang windu sebagai predator alami mereka. Penyakit yang timbul disebabkan oleh 3 hal yaitu virus, bakteri dan jamur. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan pemberian anti-biotik dan pengendalian kualitas air.

• Pemanenan
Setelah melakukan cara beternak dan pemeliharaan yang baik, proses pemanenan dapat dilakukan. Proses ini dapat dilakukan setelah udang windu berumur 5–6 bulan. Ciri-ciri udang windu yang siap dipanen adalah ukuran besar, kulit keras dan licin, udang tanpa cacat dan bersih, dan yang paling penting udang harus dalam keadaan hidup dan segar. Proses pemanenan udang dapat dilakukan dengan jala lempar dan tangan kosong, untuk penangkapan sebagian dan penangkapan total dilakukan dengan mengeringkan tambak seluruhnya. Pemanenan paling baik dilakukan pada malam hari.

3. Analisa Keuntungan Bisnis Budidaya Udang Windu Di Tambak

Udang windu merupakan salah satu komoditas andalan di bidang agrobisnis yang bisa digunakan untuk menggaet devisa negara, dengan begitu pengembangan ekspor untuk udang windu menjadi perhatian utama. Alasan kenapa udang windu dipilih sebagai andalan untuk menggaet devisa adalah karena Indonesia memiliki lahan yang luas untuk budidaya udang windu. Selain itu, besarnya permintaan pasar domestik maupun pasar ekspor terhadap produk udang windu juga turut berperan.

Keuntungan budidaya pembesaran udang windu jika dilihat dari segi manfaat yaitu,
• Udang merupakan bahan makanan yang mengandung protein, mineral dan vitamin yang tinggi yang baik bagi tubuh.
• Udang bisa diolah menjadi beberapa cara seperti udang kering, beku, kaleng, terasi dan kerupuk.

Budidaya udang windu juga banyak ditekuni oleh masyarakat karena udang windu dapat dipanen pada usia sekitar 4 bulan.

4. Analisa Hambatan Bisnis Budidaya Udang Windu Di Tambak

Beberapa aspek yang menyebabkan hasil budidaya udang mengalami hambatan dan menjadi tidak maksimal adalah terbatasnya ilmu pengetahuan dan teknologi mengenai budidaya pembesaran udang windu yang dimiliki oleh para petani tambak. Keterbatasan itulah yang dapat menyebabkan kesulitan bagi mereka untuk bisa meningkatkan produksi udang semakin luas. Beberapa kemungkinan lain yang menjadi hambatan dalam menjalankan usaha budidaya tersebut diantaranya seperti :

• Tingkat kehidupan di tambak rendah, karena pencemaran dan juga kerusakan lahan.
• Serangan hama penyakit yang dapat menyebabkan kematian pada udang.
• Jika pemeliharaannya tidak dilakukan secara intensif, maka pertumbuhan udang windu akan lambat.

5. Strategi Pemasaran Bisnis Budidaya Udang Windu
Kurang lebih selama lima tahun kebelakang produksi akan udang nasional seperti halnya udang windu relative sangat stabil. Fakta  ini menunjukkan bahwa udang tambak memberikan nilai ekonomi yang menguntungkan dan layak menjadi peluang usaha saat ini. Dalam bidang pemasaran, udang windu juga menjadi salah satu komoditas perikanan yang mampu memberikan kontribusi cukup signifikan terhadap perekonomian nasional.

Untuk strategi pemasaran sendiri, anda dapat memulainya terlebih dahulu dengan cara yang mudah, anda dapat bekerja sama dengan para pelaku bisnis makanan, seperti rumah makan seafood, para pelaku bisnis katering dan lain sebagainya. selain itu anda juga dapat menjual hasil panen udang ke pedagang-pedagang ikan di pasar

6. Kunci  Sukses Bisnis Budidaya Udang Windu Di Tambak

• Berikan makanan alami seperti pelet dan plankton sebanyak 3-6% dari berat biomasa udang windu dengan porsi 3 kali sehari
• Disarankan anda menggunakan sistem petak tandon atau sistem petak biofilter dan resirkulasi udara tertutup
• Lakukan upaya pencegahan terhadap hama dan penyakit, seperti menggunakan imunostimulan, vitamin serta desinfektan dari mulai pembenihan, pemeliharan pembesaran sampai pemanenan
• Pastikan anda memanen hasil budidaya udang windu setelah masuk usia pembesaran 3-4 bulan

Demikianlah informasi mengenai Bisnis Budidaya Udang Windu Di Tambak semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Peluang Usaha Selain : Analisa Usaha Bisnis Budidaya Udang Windu Di Kolam Tambak Modal Kecil

untung rugi mengoptimalkan selokan , lisi usaha udang windu , langkah-lsngkah membungkus nasi contong , faktor pemasaran udang windu , Ciri-ciri punya usaha kolam udang sendiri , ciri kehidupan udang windu ditambak banyak , Ciri - ciri udang baik ditambak , cara naik turun pakan udang paname , apakah besar hasil usaha tambak udang , analisa usaha tambak windu 2016