Ngarep.Info

Peluang Bisnis Usaha , Modal dan Cara Memulainya

Menu

Analisa Bisnis Pembenihan Ikan Nila Modal Kecil Untung Besar Bagi Pemula

October 15, 2016 | Bisnis Pertanian & Peternakan

Salah satu bisnis perikanan yang sangat menguntungkan adalah bisnis pembenihan ikan nila. Ikan nila dipilih karena peminatnya sudah sangat banyak dan banyak dimanfaatkan oleh pengusaha makanan. Usaha pembenihan ikan nila memiliki peluang yang bagus karena mudah dipasarkan. Pembenihan ikan nila juga tergolong mudah dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya. Jika anda melakukan pengelolaan bisnis ikan nila ini dengan baik maka keuntungan yang anda dapat juga akan semakin besar. Di bawah ini kami akan memberikan sedikit panduan tentang bisnis pembenihan ikan nila.

Konsumen Bisnis Pembenihan Ikan Nila

Sasaran pasar bisnis pembenihan ikan nila ada 2 macam konsumen. Yang pertama adalah konsumen dari golongan peternak pembesar benih. Benih ikan nila yang dijual kepada pembesar benih berukuran 3-5 cm. Sedangkan benih ikan nila yang berukuran 10-12 cm (gelondongan) dijual kepada peternak pembesar ikan nila.

Memulai Bisnis Pembenihan Ikan Nila

Bisnis pembenihan ikan nilai bisa dibilang bisnis yang gampang gampang susah karena ikan nila bisa dipijahkan setiap awal bulan hingga masa produktifnya habis. Namun telur yang dihasilkan ini relatif sedikit. Langkah-langkah dalam memulai bisnis pembenihan ikan nila selengkapnya ada di bawah ini.

Cara Budidaya Analisa Bisnis Pembenihan Ikan Nila Modal Kecil Untung Besar Bagi Pemula Supaya Cepat Besar Di KOlam
1.    Untuk memilih tempat yang akan dijadikan kolam pembenihan ikan nila, sebaiknya lokasi tersebut memiliki air yang tidak tercemar, memiliki oksigen terlarut minimal 3 ppm, pH 6,5 – 8,5, dan suhu 24-32 derajat celcius.
2.    Buat kolam seluas 160 m2 untuk kolam pendederan, kolam pemijahan 80 m2, dan kolam perawatan induk seluas 160 m2. Kolam yang dibuat sebaiknya kolam permanen.
3.    Pada kolam pendederan dan pemijahan, pasanglah hapa dengan ukuran 1x2x3 meter.
4.    Siapkan berbagai peralatan berikut : pH kit, termometer, seser, pompa air, dan wadah benih.
5.    Siapkan induk ikan nila yang telurnya telah matang.
6.    Masukkan ikan nila ke dalam kolam, ikan nila jantan dan ikan nila betina dengan perbandingan 1:3.

Keuntungan Bisnis Pembenihan Ikan Nila

Usaha pembenihan ikan nila ini bisa dirawat dengan mudah dan hasil yang didapatkan juga maksimal. Modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar. Anda hanya perlu menjaga kualitas air agar tetap baik, dengan begitu hasil yang anda dapatkan juga akan maksimal.
Pembenihan ikan nila yang dilakukan di kolam juga lebih menguntungkan karena kepadatan ikan yang tinggi dan juga ikan akan berkembang dengan lebih cepat.

Hambatan Bisnis Pembenihan Ikan Nila

Selain memiliki kenuntungan yang begitu banyak, usaha pembenihan ikan nila juga memiliki berbagai hambatan seperti ini.
1.    Biaya yang dibutuhkan untuk menjaga lingkungan air terbilang mahal.
2.    Ikan nila sangat mudah memijah, jadi perkembangannya sulit terkontrol.
3.    Pertumbuhan telur ikan nila bisa rusak dan terhambat bila air kolam kotor.
4.    Kualitas ikan nila pada keturunan berikutnya biasanya akan menurun karena ikan nila sering mengalami inbreeding.

Strategi Pemasaran Usaha Pembenihan Ikan Nila

Pasar ikan nila masih terbuka lebar untuk anda yang baru akan memulai usaha pembenihan ikan nila. Anda bisa memasok benih ikan nila ke rumah makan atau restoran, pasar, dan juga kolam pemancingan ikan. Ikan nilai memiliki nilai ekonomis yang baik mulai dari ikan nila yang masih berupa benih hingga ikan nila yang layak untuk dikonsumsi.

Kunci Sukses Bisnis Pembenihan Ikan Nila

Untuk mendapatkan kesuksesan dari bisnis ikan nila ini anda juga harus mengerti bagaimana kiat sukses dalam berbisnis benih ikan nila.
1.    Pisahkan tempat untuk induk betina dan juga induk jantan.
2.    Masukan indukan ikan nila ke dalam satu kolam setelah anda memiliki indukan yang layak. Biarkan indukan memilih pasangannya masing-masing. Jarak dari induk mulai bertelur hingga telur menetas adalah sekitar lima hari.
3.    Beri pakan kepada larva setelah usianya 2-3 hari. Makanan yang cocok adalah pakan buatan yang berkuruan serbuk atau pakan alami berupa moina, daphina, dan rotifer.
4.    Selama perawatan larva, anda harus menjaga kualitas air dengan mengganti air kolam secara rutin.
5.    Setelah 1-2 bulan, benih ikan nila bisa dipanen.
6.    Nila jantan memiliki daging yang lebih tebal dan pertumbuhannya lebih cepat. Untuk mendapatkan nila janyen anda bisa melakukan seks reversal saat nila masih berbentuk larva.
7.    Beberapa sentra ikan nila terdapat di Temanggung, Cilacap, Banyumas, Semarang, Banjarnegara, Ciamis, Bandung, Bogor dan Tasikmalaya. Di tempat-tempat tersebut, anda bisa mendapatkan bibit ikan nila berkualitas unggul.

Peluang Usaha Selain : Analisa Bisnis Pembenihan Ikan Nila Modal Kecil Untung Besar Bagi Pemula

cacingsutra , analisa budidaya bbibit nila sampai gelondongan , kalkulasi budidaya ikan nila gelondong com , larva ikan nila tanpa pompa , menurutmu mengapa usaha oembenihan kele merupakan usaha yang menjanjikan? , pompa air untuk kolam ikan nila , telur nila apakah bisa dirawat , Usaha pembenihan ikan apakah untung , www usaha bisnis pembenihan ikan mas tanpa modal banyak